RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SMP
|
:
|
.........................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
1.1
Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x 40 menit
|
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan ciri-ciri negara maju dan
negara berkembang
2. Mengidentifikasi kelompok negara maju dan
negara berkembang
3. Menunjukkan pada peta negara maju dan
negara berkembang
4. Mendeskripsikan karakteristik geografis
negara Inggris dan Indonesia.
B.
Materi Pembelajaran
- Ciri-ciri
negara maju dan negara berkembang
- Identifikasi
negara maju dan negara berkembang
- Negara-negara
yang tergolong sebagai negara maju dan negara berkembang
- Karakteristik
geografis negara maju dan negara berkembang
C.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a.
Pendahuluan
·
Apersepsi
: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·
Guru
memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan
b. Kegiatan
Inti
·
Guru
menjelaskan pengertian dan karakteristik umum negara maju dan negara berkembang
·
Guru
menjelaskan beberapa negara maju dan negara berkembang di dunia
·
Guru
menggunakan media pembelajaran seperti atlas, untuk menjelaskan keadaan fisik
negara maju dan negara berkembang
·
Tanya
jawab tentang hal-hal yang kurang dipahami
c.
Penutup
· Bersama-sama
menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·
Memberikan tugas siswa.
E.
Sumber Pembelajaran
1. Atlas
2. Buku Geografi SMP Kelas IX Yudhistira
F.
Penilaian
Teknik Penilaian : - Tes Lisan
- Tes unjuk kerja
Bentuk instrument : - Tes Uraian
- Penugasan
Soal / instrumen :
a. Tes uraian
1. Jelaskan masing-masing 3 ciri negara maju
dan negara berkembang ! (10)
2. Tuliskan masing-masing 5 yang tergolong ke
dalam negara maju dan negara berkembang ! (10)
3. Mengapa Indonesia dikatakan sebagai negara
berkembang ! (25)
4. Jelaskan berbagai masalah kependudukan
yang dialami negara berkembang ! (25)
5. Jelaskan latar belakang Inggris menjadi
negara maju ! (30)
Medan,
2012
Mengetahui,
|
|
Kepala SMP Negeri .................
|
Mahasiswa Calon Guru
|
( ........................................... )
NIP.
...............................
|
( Indah Setia Astuti )
NIM. 309331019
|
· Jumlah siswa 5-6 orang (kelasku ada 12 orang)
· Waktu
mengajar 5 – 10 menit (kami di beri waktu 20 menit)
· Bahan pelajaran hanya mencakup satu atau dua hal yang
sederhana
· Ketrampilan mengajar difokuskan beberapa ketrampilan khusus saja.
Unsur micro merupakan ciri utamanya dan berusaha untuk meyederhanakan secara
sistimatis keseluruhan proses mengajar yang ada.
2 comments:
habis maju kagak boleh maen hape,,,perhatikan teman sekelas yg sedang maju,,hahahahaha
hehehe, namanya ibu guru yg didepan sor sendiri, anak muridnya pun ikutan sor la, haha~
Post a Comment