Welcome, Semester VI !!

Wuhuuuuuuu, nilai mata kuliah udah keluar, pamer dikit ahhhh,

Nama : Indah Setia Astuti
Nim : 309331019
Kelas : A Ekstensi
IP : 3,46


Wahahahaha, aku belum ada liat KRS mangkanya gak bisa ku printscreen disini, tadi pagi baru dapet sms dari Rani aja yang mengabarkan kalau IP saya 3,46, hahahaha, sebentar ya, nyium2 hp dulu.

Lanjut, disini mau kujelasin perjalanan mata kuliah tersebut,

1. Geografi Transport dan Pemukiman : A
Mata kuliah ini sebenernya mata kuliah semester 3. Semester 2 kemarin IP ku, ririn, dini , silvy (ini gak genk x aja ya, anak lain juga banyak) gak nyampe 3, jadi MK ini kmi tinggalkan. Dan, semester lima kemarin persyaratan supaya bisa ikut KKL Sosial harus udah mengambil mata kuliah ini, jadi kami berempat (anggota genk X) semester lima kemarin kuliah bareng adek stambuk, malu men. Tapi gapapa la, malu satu semester dibayar dengan nilai A itu rasanya bahagia sekali.

2. Kuliah Kerja Lapangan : A
Mata kuliah ini mata kuliah wajib untuk anak geografi. Kalau semester empat kemarin (KKL Fisik) kami ke daerah pegunungan, KKL Sosial sekarang ke daerah pesisir. Disini nih cerita sedihnya. Jadi gini, Koordinator untuk MK KKL ini adalah dosen pengampuh mata kuliah kami sendiri, yaitu : Pak Maringan Sirait. Beliau bilang, “kita gak bisa ke Sibolga, soalnya kami (para dosen) gak sempat survei lapangan, saya juga baru pulang ini dari rumah sakit karena kecapean, (iya, semester lima kemarin dosen2 kami pada sibuk PLPG. Apa itu PLPG ? itu lo, program sertifikasi guru) jadi lokasi KKL kita, kita ambil yang dekat2 saja”. Teman2 yang lain pada kecewa, tapi saya justru bahagia. Karena saya pikir, kalau lokasi KKL dekat, berarti biayanya murah, kalau biayanya murah, berarti dana yang seharusnya dikeluarkan buat ke Sibolga bisa ku alokasikan buat biaya liburanku ke Jogja, hahahahaha, saat itu, saya langsung pesan tiket. Tetapiiiii, Tuhan berkehendak lain, teman2 kelas yang lain pada gak setuju, mereka semacam mau demon gitu (tapi demon yg sportif, bukan bakar2 ban), jadi kami empat kelas dikumpulkan jadi satu terus diskusi sama dua dosen cewe, intinya, anak kelas sebelah itu ngotot kali minta ke Sibolga. Saya, hari itu, lemas tak berdaya. Selamat tinggal Jogjakarta.
Kecewa karena udah fix batal ke kota gudeg itu rupanya dibayar dengan birunya air laut Pandan, Sibolga. Dengan kenangan2 yang romantis, air ombak yang mengundang galau, teman2 yang mempunyai cerita masing2, ditambah lagi dapat nilai A. Oh My God, Engkau memang adil ya Allah.

3. Evalusi Hasil Belajar Geografi : B
Bersyukur sekali saya dapat B untuk mata kuliah ini. Mengingat kalang kabutnya saya waktu seorang diri ngerjain laporan evaluasi sampai gak tidur semaleman, di tambah pas saat presentasi kesimpulan saya dibacakan ibu itu yang mengundang malu (dosennya terkenal perfeksionis banget), hahahaha. Waktu itu saya pikir, “ah, biarin aja la buk, udah mantap itu”. Kemudian dari mata kuliah ini saya dapat merasakan jadi guru yang sebenarnya, soalnya tugas kita itu membuat soal (tentunya berdasarkan spesifikasinya), kemudian me-rangking, terus mengetahui soal yang kita buat itu sudah valid atau belum, ah, pokoknya yang gitu2 deh, berasa jadi guru banget kalo lagi ngerjain tugas evaluasi, jadi gak sabar pengen cepet2 jadi guru terus ngisi rapot anak murid, menurut saya, kebahagiaan seorang guru itu pada saat me-rangking anak muridnya, rasanya puas sekali.

4. Strategi Pembelajaran Geografi : A
Hahahaha, saya gak tahu kenapa bisa dapat A untuk MK ini, padahal pas kuliah ketawa2 aja kerjaannya. Tapi bapak ini emang dosen yang paling mantap, seminggu sebelum ujian final kami sudah tanda tangan DPNA (Daftar Peserta Nilai Akhir), makasih ya pak buat huruf A nya, hehehe

5. Perencanaan Pembelajaran Geografi : B
Mata kuliah ini termasuk mata kuliah yang paling efektif belajarnya. Dulu, sewaktu saya (masih) semester awal, saya gak bisa ngebayangin betapa bosannya diajar ibu itu. Ibu itu penampilannya gak-dosen-banget, eh, rupanya pas udah menjalani, aku n temen2 yang lain juga memuji dia kalau penjelasan dia didepan itu adalah penjelasan yang menurut kami langsung cepat mudeng, gak sebosan yang aku pikir. Thx buk, hha

6. Sistem Informasi Geografi : B
Yang ini sama ceritanya sama Evaluasi, saya bersyukur sekali dapat B. Wah, gak usah diceritain la ya susah senangnya ngerjain tugas SIG ini, intinya (menurut pengalaman saya) belajar SIG itu harus salah 5 kali mempolygon baru kita mudeng. Tapi jujur, ini mata kuliah paling keren di semester lima, gambar peta digital gettoooohhh. Makasih pak Ali, hihihi

7. Filsafat Pendidikan : A
Wah, wah, wah, saya juga gak nyangka bisa dapat A. Plis, jangan tanyakan saya apa2 tentang aliran2 filsafat sekarang, karena diktatnya gak saya bawa pulang kampung, hahaha, tapi makasih banyak ya bu Dorlince, hehe

8. Perkembangan Peserta Didik : B
Makasih ya buk uda ngasih nilai B. Gak usa ku ceritain la ya ibu ini, pokoknya begitu selesai ujian final, teman2 pada bersyukuuuurrrrrr untuk gak jumpa dia lagiiiiii, bukan karena mata kuliahnya yang susah, tapi, ah, lanjutkan sendiri aja la.

9. Agama Islam : A
Alhamdulillah ya, hihi, satu2nya nilai MK yang ku prediksi benar2 terjadi ya MK ini. Presentasi, tes mengaji, bakti sosial, kayaknya saya aman2 aja, di tambah lagi sewaktu ujian final, beeehhhhh, ujian paling mantap itu rasaku, asli, apa yang ku pelajari masuk semuaaaaa, ternyata kayak gitu ya kebahagiaan saat ujian, puas karena belajar terlebih dahulu. Makasih bu Hafni dosen agama yang paling gauuuuullllll.

10. Bahasa Indonesia : B
Kalau kesehariannya, bapak itu jarang masuk. Tapi saya ingat kali kalau bapak itu mengajar pasti yang selalu di bilang ‘”bahasa indonesia itu berkembang sesuai tuntutan jaman, contoh : sekarang kita lebih sering menggunakan kata2 ‘upload’ kan dibanding ‘mengunggah’, sering pakai kata2 ‘download’ dibanding ‘mengunduh’ “, nah, gitu2 la. Jadi menurut saya, wah bapak ini gak punya twitter ni, kampungan banget, soalnya contoh kata2 nya contoh kata2 yang ada di facebook, bukan twitter, gak pernah tuh dia bilang ‘”cek ‘DM’ ya ? atau bales ‘mention’ aku doooonggggg’, gak pernah. Saran saya, bapak kan dosen bahasa indonesia, kalau mau melihat perkembangan bahasa indonesia sekarang sebaiknya maen twitter deh pak, abis itu ‘follow’ saya ya, nanti saya’ follow back’, hihihi ---- mahasiswa kurang ajar
Tapi ya, walaupun dapet B, itu nilai murni men. Saya gak ada nyontek sewaktu ujian final.

11. Geografi Ketenagakerjaan : B
Selama kuliah, jarang dosennya langsung yg masuk, keseringan asdosnya. Satu sih yang gak ku mengerti sama kakak itu. “Kak, kakak gak kenal Kabupaten Labuhanbatu ya ?? kok kami kemarin gak dipanggil2 untuk maju, padahal persiapan kami uda mantep kali lo, kecewa ni kak, gak bisa presentasiin kabupaten sendiri, huuuuuuuuuuu, payahhhhh !!”
Dan lagi2 saya dapat B sama pak Sugi, ya ampun, padahal dia PA saya lo (Pembimbing Akademik) ckckckc, mungkin nama saya gak di tandai itu di buku catetannya. Yaudalaya, yang penting kan kualitasnya bukan kuantitas (sok berkualitas kau ndah), kayak kata Raditya Dika : Kuliah adalah masalah survivabilitas bukan prestasi, hohoho.

Oya, temen2 Genk X lainnya juga IP nya diatas tiga semua :
Rani : 3,23
Nanda : 3,32
Ririn : 3,38
Nurul : 3,14
Dini : 3,46
Silvy : 3,46
(hobby berantem tapi kalau masalah kuliah sportif kan ? hahai)

Catetan : Rani, Nurul n Nanda gak masalah dapet IP segitu, ya wajar aja, mereka kan udah ngambil transport, uda ngambil negara berkembang, jadi itu nilai semester lima asli. Lah kami2 ni yang nilainya agak tinggi dari mereka tapi campur sama MK semester tiga dan ada mata kuliah semester lima yang belum diambil. Sedih kaliya,
MK yang belum diambil itu Geografi Regional Negara Berkembang, dikarenakanjatah SKS kami semester lima kemarin dimakan oleh MK Bahasa Indonesia dan Agama (dua mata kuliah itu adalah MKU masing2 3 SKS) jadi MK negara berkembang, kami (Aku, ririn, diny n silvy) (orang rani udah lulusssss) tinggalkan, bukan kami berempat aja ya, yang lainnya juga banyak, berdoa ajala semoga MK negara berkembang bisa keluar di semester delapan, biar bisa wisuda tepat waktu, heheheh, amin, amin, amin ya Allah. :)

Yaudah deh ya, selamat datang di dunia semester enammmmmmmmm

0 comments:

Post a Comment

Footer

Lorem Ipsum

Welcome

Ketika tak bisa lagi bersuara, tak sanggup berperang mulut, lewat tulisan ku sampaikan semuanya.
Powered by Blogger.