Dear Mbak Olshop

Cuma mau ngelurusin.

Jadi gini, lupa aku ntah malam apa tepatnya, aku lagi main twitter, kemudian muncul twit jualan seorang teman. Nggak temen deket secara personal, tapi dulu sering mention - mentionan di twitter.

Nah, si temen ini olshop gitu, atau yg lagi booming julukannya sekarang adalah instapreneur (jualan di instagram). Jadi aku iseng buka akun instagramnya, mau liat2 dia jualan apa aja (secara capek kan bukain tab mention satu - satu dari akun twiternya) pas klik usernamenya di instagram, ternyata akunnya di gembok. Iya men, dikunci. Bagi aku yg awam tentang jualan di instagram ya otomatias ngernyitin dahi la, jualan kok akunnya dikunci sih ? Gimana orang mau beli nih ?

Sebagai awam, wajar nggak sih aku mikir kayak gitu ?

Nah, daripada aku ngedumel sambil no mention, lebih baik aku ngritik langsung mention orangnya.
Jadi aku ngetwit sok2 ngasih tau gitu apa yg ada dalam pikiranku, alhamdulillah waktu itu dibales mbaknya dgn nyantai, ketawa2.

Dan kebetulan juga, malam itu, akun twitternya BAM lagi bahas tentang instapreneur, dan di kultwit terakhirnya BAM bilang 'kalo ada yg mau ditanya seputar jualan di instagram, mention BAM ya' karena balesan terakhirku ke si mbak 'brb cari tau' langsung aja ku tanyakan perihal kejadian penting ini ke BAM, alhamdulillah nggak di bales :'(

Beberapa hari kemudian, aku nerima notif BBM, dari BAM, nah, ndilalahnya dia ngebrodkes tentang persoalan yg ku tanyakan di twitter, abis baca itu aku ya langsung ngangguk 'oooohhhhh,,,,ternyata dikunci biar followersnya naik' sesederhana itu ternyata jawabannya.

 

Ntah ada angin apa, malam ini aku iseng buka2in skrinsut di galeri hape ku, nemuin skrinsut tentang ilmu si BAM. Jadi yang ada di pikiranku 'kasih tau ke mbaknya la, kalo aku udah nemu jawabannya'.
Respon si mbak nya waktu ku colek akun twitternya di twitku, dia masih manis, cuma bilang 'jadi udah ngerti kan sekarang, aku juga sebelum jualan tanya2 la sama yg udah pengalaman, jadi nggak asal jual' manis ya jawabannya, dan wajar saja manis, wong lagi jualan. Kemudian aku bales pake ekspresi ketawa, diakhir twit aku bilang 'gapapa deh ngritik, dapet ilmu baru' lah kemudian si mbaknya entah lg PMS, ntah lg patah hati atau lg galau malah ngetwit no mention dengan CAPSLOCK JEBOLLLL, yeeeeaaahhh,,,,twit nyindir pun dimulai.

Aku yg lagi mantengin timeline ya langsung merasa/tersindir. Isi twit mbaknya 'PIKIR DULU SEBELUM NGRITIK' mungkin kalau twitter bisa nge-BOLD pasti udah di bold itu, trus fontnya nambah jadi 20, tulisannya berubah jadi ARIAL BLACK, hah, penting abis la bahas twit dengan kapslok jebol itu.

Nah, karena yakin itu twit mengarah ke aku, langsung aja ku ritwit with comment ,no reply doang, jadi ya membela diri la, yg isinya 'ya kan yg ngritik nyari tau juga, bukan ngritik trus diem aja' gitu kira2 inti dari twit baleasanku. Dan tanggepan mbaknya cuma di ritwit doang gaeeesss.

Tapi di ritwit cuma di ritwit trus bubar ya gapapa, mungkin nggak harus klarifikasi, mungkin juga bener mbaknya emang lagi nggak enak hati. Tapi nyatanya, masih tetep no mention, dan ngetwit yg kesannya SOMBONG BANGET. Mbaknya ngetwit yang intinya 'gue udah lama jadi pemain di instagram, nggak usah diajarin, tapi makasih buat kritikannya'.

Lah ?

Mau bales no mention jadinya twitwar nanti, mending twitwar, kalo nanti ada babi yang ketawa, kan nggak lucu.

Gini deh mbak, aku bales disini ya, bodo amat lu udah pemain lama kek, baru kek, udah ratusan juta penghasilan lu dari situ kek, followers ig lu udah berjuta2 kek, bodo amat, gue nggak peduli.

Mbak emang nggak nyadar setiap yang mention mbak berkaitan sama olshop mbak itu adalah calon pembeli ?
Atau memang kayak gini cara jualan pemain lama ? Nggak bisa nanggapin kritik dengan sewajarnya ?
Atau kah mbak punya dendam sama ku ?
Rasa ilfil ? Eneg ? Dan lain sebagainya ?
Apapun itu yang ada di hati mbak saat memutuskan untuk no mention dan ngetwit dengan CAPSLOCK JEBOL sungguh itu bukan lah ciri - ciri jualan yang baik.

Oke sip, tau apa aku dengan ciri - ciri jualan yang baik ?

Maaf mbak, memang aku nggak ngerti apa - apa tentang bagaimana jualan yang baik, tapi aku tahu persis mbak, kekuatan 'the power of mouth', mbak pasti pernah denger dong istilah Word of Mouth ? Jika barang yang mbak jual bagus, berkualitas, orang2 akan nyeritain jualan mbak ke orang2 lainnya. Maka meningkatlah omzet mbak. Nah, sebagaimana ada kebaikan, pasti ada juga kejelekannya, hidup ini hanya rangkaian lawan kata mbak, jika ada yang bilang baik, pasti ada yang bilang jelek, kayak saya sekarang ini.

Maaf mbak, ini bukan urusan pribadi. Tapi murni aku kecewa sama pelayanan mbaknya. Aku memang bukan pembeli mbak, tapi aku pasti calon pembeli mbak. Dengan mbak ngetwit pake CAPSLOCK JEBOL itu, calon pembeli mbak yang satu ini sudah tak berniat mendatangi toko mbak lagi. Kalau di dunia nyata ibaratnya, saya lagi nanya2in dagangannya kepada ngkoh2 dipajak petisah, bukannya dijawab si ngkoh malah dibentak. Saya sakit hati. Saya kan punya duit. Saya mau beli.

Apapun tanggepan mbak tentang tulisan saya ini, saya minta maaf pernah nulis ini. Saya hanya nggak seneng ada penjual yg lagaknya sok banget. Di twitter mah banyak pengusaha muda yang lebih ramah, murah membagi ilmu, tak menyombongkan diri. Di twitter juga buanyak yang jualan sama persis kayak mbak. Tapi saya nggak kenal siapa mereka. Saya kenalnya sama mbak, tapi pelayanan mbak kayak gitu. Mengecewakan.


0 comments:

Post a Comment

Footer

Lorem Ipsum

Welcome

Ketika tak bisa lagi bersuara, tak sanggup berperang mulut, lewat tulisan ku sampaikan semuanya.
Powered by Blogger.