Monday = My Micro Teaching Day


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SMP
:
.........................................
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester
:
IX / 1
Standar Kompetensi
:
1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
Kompetensi Dasar
:
1.1  Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju.
Alokasi Waktu
:
1 x 40 menit


A.     Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai  melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.      Menjelaskan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang
2.      Mengidentifikasi kelompok negara maju dan negara berkembang
3.      Menunjukkan pada peta negara maju dan negara berkembang
4.      Mendeskripsikan karakteristik geografis negara Inggris dan Indonesia.

B.     Materi Pembelajaran
  1. Ciri-ciri negara maju dan negara berkembang
  2. Identifikasi negara maju dan negara berkembang
  3. Negara-negara yang tergolong sebagai negara maju dan negara berkembang
  4. Karakteristik geografis negara maju dan negara berkembang

C.     Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.       Penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.  Pertemuan 1
a.  Pendahuluan
·         Apersepsi : guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan
b.  Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan pengertian dan karakteristik umum negara maju dan negara berkembang
·         Guru menjelaskan beberapa negara maju dan negara berkembang di dunia
·         Guru menggunakan media pembelajaran seperti atlas, untuk menjelaskan keadaan fisik negara maju dan negara berkembang
·         Tanya jawab tentang hal-hal yang kurang dipahami
c.  Penutup
·        Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Memberikan tugas siswa.


E.     Sumber Pembelajaran
1.      Atlas
2.      Buku Geografi SMP Kelas IX Yudhistira

F.      Penilaian
Teknik Penilaian  : - Tes Lisan
                             - Tes unjuk kerja
Bentuk instrument : - Tes Uraian
                              - Penugasan

Soal / instrumen      :
a.       Tes uraian
1.      Jelaskan masing-masing 3 ciri negara maju dan negara berkembang ! (10)
2.      Tuliskan masing-masing 5 yang tergolong ke dalam negara maju dan negara berkembang ! (10)
3.      Mengapa Indonesia dikatakan sebagai negara berkembang ! (25)
4.      Jelaskan berbagai masalah kependudukan yang dialami negara berkembang ! (25)
5.      Jelaskan latar belakang Inggris menjadi negara maju ! (30)


                                                                                                   Medan,    2012
                 Mengetahui,

Kepala SMP Negeri .................
Mahasiswa Calon Guru





( ...........................................  )
NIP. ...............................
( Indah Setia Astuti  )
NIM. 309331019




Jadi ceritanya hari ini itu giliran aku yang maju buat latihan micro teaching di depan kelas dan yang diatas itu adalah  RPP ku, beneran gak tahu micro teaching itu apa ??
Micro Teaching adalah  suatu kegiatan mengajar dimana segalanya diperkecil atau disederhanakan. Apa yang dikecilkan atau disederhanakan, yaitu :
 · Jumlah siswa 5-6 orang (kelasku ada 12 orang)
· Waktu mengajar 5 – 10 menit (kami di beri waktu 20 menit)
· Bahan pelajaran hanya mencakup satu atau dua hal yang sederhana
· Ketrampilan mengajar difokuskan beberapa ketrampilan khusus saja.
Unsur micro merupakan ciri utamanya dan berusaha untuk meyederhanakan secara sistimatis keseluruhan proses mengajar yang ada.

Nah, jadi seperti biasa, kami maju sesuai urutan, dan aku kebagian urutan ketiga. Hari ini itu yang maju ada Nanda, kak Winda, aku dan kak Khairina. Nanda membahas tentang Lingkungan Hidup, kak Winda membahas tentang Atmosfer, aku sendiri tentang Negara Maju dan Negara Berkembang dan kak Rina tentang Jagat Raya. Awalnya aku mau ngambil materi kependudukan, tapi udah di bahas Rani, mau ngambil materi DAS, tapi kok kayaknya susah jelasinnya, jadi aku ngambil yg mudah2 aja, Negara Maju dan Negara Berkembang.

Singkat cerita, setelah Nanda n kak Winda maju, giliran ku lah yang ambil posisi, awalnya udah PD tingkat dewa, tetapi gara2 'pendapatan perkapita' penjelasanku kena potong terus sama dosennya, bukan gak bisa jelasin, tapi bapak itu sepertinya kebanyakan ikut campur 'urusanku', cailah, hahahaha, tapi iyalah, itu hak dosen, lagian dosen mana pernah salah, kalau dosen salah kembali ke point pertama, dosen gak pernah salah, iya iya, kamus basi.

Dan menurutku, sejauh kami sudah melakukan latihan, micro teaching ini yang di perlukan cuma satu, penguasaan kelas. Penguasaan materi itu menurutku point kedua, karena apa ? Mengajar intinya bagaimana kita mengajak siswa untuk memperhatikan kita, mendengarkan apa yg sedang kita bicarakan, mendidik mereka agar jangan segan2 untuk berpendapat atau mengeluarkan pertanyaan, sepintar apapun pengetahuan kamu kalau murid kamu bosan, gak memperhatikan kamu itu sama aja nihil, terlebih lagi kalau ketika kamu bertanya 'ada yang belum mengerti ?' kemudian mereka diam, gak ada responnya sama sekali, menurutku kita sebagai guru belum berhasil dalam menyampaikan materi dan menguasai kelas, karena tugas seorang guru selain mendidik adalah membuat suasana kelas nyaman, membuat murid untuk 'terbuka' sama kita bukan membuat murid takut sama kita.

Oya, tips buat kamu yang akan melaksanakan micro teaching, ambil lah materi yang diluar 'jurusan' sang dosen. Misal, tadi kak Winda ngambil materi tentang Atmosfir dan dia belum menguasai materi, sementara dosen pembimbing kami adalah dosen pengampuh mata kuliah Meteorologi dan Klimatologi serta Oceanografi, jadi tadi rasaku kakak itu semacam 'bunuh diri' karena satu kata saja dia salah ucap itu akan berakibat fatal, secara itu mata kuliah dia men, kalau kitanya gak hapal berarti dia merasa gagal sebagai dosen, ya menurut ngana gimana ?

Udah segitu aja, kalau setelah membaca ini ada yg gak setuju sama pernyataanku di atas 'correct me if i wrong', tulis di kolom komentar ya atau mention ke aku langsung di sini, karena aku juga masih tahap belajar, hehehe :)




@ikalaraii

 

2 komentar:

Iqbalsyah-sy.blogspot.com mengatakan...

habis maju kagak boleh maen hape,,,perhatikan teman sekelas yg sedang maju,,hahahahaha

indah ikalarai mengatakan...

hehehe, namanya ibu guru yg didepan sor sendiri, anak muridnya pun ikutan sor la, haha~

Poskan Komentar

Share It

Footer

Lorem Ipsum

Welcome

Ketika tak bisa lagi bersuara, tak sanggup berperang mulut, lewat tulisan ku sampaikan semuanya.
Diberdayakan oleh Blogger.