#BelaNegara

Disuatu malam, hape saya berdering, terlihat nomor baru tertera di layar. Sebagai orang yang sudah sering dijodoh - jodohkan, saya agak males menerima telpon dari nomor yang tidak dikenal, jadi saya abaikan nomor baru yang menelepon saya malam itu. Ternyata nomor itu milik Kak Hendar, beliau mengirimi saya pesan yang berbunyi 'Indah, ini Kak Hendar, kalau ada waktu kabarin ya, pengen ngobrol' saya sehabis membaca pesan itu langsung 'what ? ngobrol ? gue salah apalagi daahhhh' ku ingat2, aku ada ngapain ya akhir - akhir ini sampai Kak Hendar pengen ngobrol ? Orang dewasa kalau mau negur kan kayak gitu bahasanya.

Malam itu saya tidak memiliki pulsa. Besok pagi di sekolah saya bilang ke Pak Mugi kalau Kak Hendar menelpon dan mengirim saya pesan, ternyata Pak Mugi sudah tahu kenapa beliau menelepon dan menceritakan semuanya ke saya. Aaahhh kirain aku ada salah apa, sempat deg - deg kan.

Singkat cerita, ternyata ada pemilihan Dewan Pengurus Daerah Forum Komunikasi Bela Negara, saya dan Pak Mugi diminta untuk menjadi pengurus di bidang Pendidikan. Saya oke2 saja, dan mohon perhatian fokus tulisan ini bukan ke pengurus ya, melainkan ke anak - anak saya yang diberi kesempatan untuk tampil diacara penting tersebut. Sebelumnya terima kasih banyak ya untuk Kak Hendar dan kawan - kawan yang sudah mempercayakan anak - anak untuk mensukseskan acara ini.

Jadi intinya, terpilihlah 9 orang Paskib dan 16 orang Paduan suara untuk tampil diacara itu.
Selasa, 20 Desember 2016 setelah maghrib kami dijemput Bus Pinang Indah menuju penginapan di daerah Desa Asam Jawa Kampung. Kami diberi 4 kamar untuk Putra dan Putri yang jumlahnya 25 orang. Malam itu untuk pertama kalinya kami tidur bareng tidak di tenda.

Hal yang kami lakukan sepanjang malam adalah: Cerita Hantu.
Oke, yang diberangkatkan ini kan anak - anak Pramuka ya, jadi kami sudah sering tidur bareng tapi baru kali ini tidur bareng yang kelihatan mukanya. Biasanya masuk tenda, yaudah tidur, dilarang main hape ataupun cerita - cerita lagi. Jadi malam Rabu kemarin, kami layaknya teman satu geng yang sedang tidur di rumah salah satu dari kami dan kami habiskan untuk bergosip. Yaps, nggooosippp, dari mulai bahas si A sampai membahas hantu - hantu yang ada di rumah Wisda. Random sih tapi seru. Sekitar pukul setengah dua kami baru memberhentikan kegiatan yang tidak berfaedah itu. 

Paginya bangun2 aku masih ngantuk, sambil ngulet2, geser sana geser sini sampai akhirnya aku memutuskan untuk mandi. Setelah mandi semuanya sibuk memakai seragam yang sudah ditentukan, lalu kami dandan....

Selesai dandan, kami langsung sarapan dan latihan - latihan sebentar sebelum di pick-up menuju hotel.
Setelah sampai di hotel, kami ya foto - foto dulu la, hehehe
saya yang mana coba ?
Paskibra terpilih
Acara dimulai sekitar pukul 10.30 wib, dengan materi tentang #BelaNegara dan pemateri terdiri dari beberapa pengurus Dewan Pimpinan Wilayah. Super ngantuk men pas acara ini, lu kurang tidur dan paginya duduk di ruangan ber-AC ? Kelar deh mata lo...

Setelah selesai, lanjut break ISHOMA sampai jaaaaaaaaaam 14.30 wib. Yes, ngaret abis.
Acara inti, dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Padamu Negeri dan Maju Tak Gentar yang dibawakan oleh Paduan Suara dari Spendukara. Lalu lanjut kata sambutan oleh Dewan Pimpinan Pusat, Pak Jenderal Sony Santoso, lalu pelantikan kami, cailah....
Sekali lagi, saya yang mana ???
perdana masuk koran
Nah, setelah pelantikan ini tampillah Paskib kebanggaanku, hehehe, keren banget la anak - anakku kemarin dilihat orang - orang penting, ini pengalaman yang sangat sangat berharga untuk mereka.....
hanya bisa skrinsyut
Sindi Pramesti sebagai Pembawa Bendera, Fery Andrian sebagai Danton. Pasangan yang serasi.

Setelah prosesi ini, kami semua lega karena usai sudah menunaikan kewajiban dengan sangat bagus, dan bersiap - siap untuk pulang. Siang itu saya haid, dan senggugutan, jadi iya tak iya yang mengikuti acara itu :(

Acara selesai, kami berfoto - foto ria, berfoto sama Pak Jenderal tapi fotonya masih sama Kang Fotografer, belum diminta softcopynya...
#TimPaskibra
#TimPaduanSuara
Kalau melihat kedua foto di atas, saya berfikir: dulu saya SMP ngapain ya ? kok anak - anak ini masa2 SMPnya enak - enak kali.
Pertanyaan untuk foto ini: Siapakah sebenarnya yang berfoto sama artis ?
Mana guru mana murid ?
eksis with GoPro
bersama Vontinesa Amanda
Kece badaiiii
dan yang terakhir..
ngAlay di Lift :D
Jadi pertanyaannya, apa yang didapat setelah acara itu ?
Nah ini pertanyaannya subjektif ya, masing - masing dari kami pasti memiliki jawaban yang beda - beda. Kalo dari saya sih, diawal2 kepemimpinan Pak Jokowi, sudah beredar hestek #BelaNegara dan pada tahun 2015 sekolah kami kedatangan petinggi TNI guna mensosialisasikan pentingnya #BelaNegara. Jadi saya sudah paham arahnya kemana, ketika dilantik menjadi Sekretaris di Komisi Diklat dan Pembelajaran pun saya oke2 aja karena ada kaitannya sama pekerjaan saya. Nah, kemarin ketika Pak Jenderal usai memberikan materi dan membuka sesi tanya jawab, sebenarnya saya ingin bertanya 'Pak, kita tahu setelah Pilpres 2014 masyarakat kita terpecah menjadi dua kubu. Bahkan sampai hari ini masih ada yang tidak terima bahwa Presidennya adalah Pak Jokowi. Bagaimana kita harus mengajak orang2 seperti untuk membela negara sementara dia sendiri membenci kepala negaranya ? Pertanyaan itu hanya saya ajukan ke Pak Mugi, saya males tunjuk tangan karena saat itu sedang senggugutan.

Pukul 17.00 wib kami keluar hotel, dan di pick-up bus menuju penginapan kami. Anak - anak makan dan sholat Ashar dulu, setelahnya baru kami pulang menuju rumah masing - masing. Ketika kami naik bus ini, belum heboh 'Om Telolet Om'. Kami tahu kehebohan klakson bus setelah sampai rumah. Tetapi kalau sudah heboh pun kami tetap kecewa, karena bus yang kami naiki ini tidak mempunyai klakson, padahal klakson bus yang lagi ngehits itu adalah klakson khasnya Bus Pinang Indah. Ah, tak rezeki....

0 comments:

Post a Comment

Footer

Lorem Ipsum

Welcome

Ketika tak bisa lagi bersuara, tak sanggup berperang mulut, lewat tulisan ku sampaikan semuanya.
Powered by Blogger.