Murid Menulis #2

*Project cerpen 2017. Satu bulan akan ada dua cerpen sumbangan dari saya dan murid pilihan saya. Tayang setiap akhir bulan di blog ini. Selamat membaca

SEDERHANA ITU BUKAN PILIHAN, TETAPI KEWAJIBAN

Halo teman-teman, salam sejahtera bagi kita semua. Saya akan menceritakan sedikit pengetahuan saya tentang hidup sederhana, dan semoga apa yang saya ceritakan nantinya dapat diambil hikmahnya untuk teman-teman semuanya. Bersikap sederhana adalah kebanggaan bagi saya sendiri dan menjadi suatu identitas yang mutlak, dimasa yang sudah canggih ini banyak kesombongan yang kita perbuat hanya untuk menambah eksistensi diri kita. Bergaya, tapi tak sesuai dengan keadaannya.

Saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya, karena teman-teman semua harus tahu, bahwasannya guru terbaikmu adalah pengalamanmu sendiri. Banyak kenangan yang saya lalui, sekarang saya duduk di bangku SMP. Sewaktu SD banyak kenangan yang saya ingat, salah satunya yakni menyombongkan sesuatu, padahal orang lain malah lebih baik dari saya dan lebih punya dari apa yang sudah saya miliki. Apalagi sewaktu SD, salah satu guru di SD saya adalah mama saya sendiri, ha itu menjadikan saya agak sombong dan sok kepada semua teman-teman saya. Semasa SD, rasa untuk mencoba nakal itu muncul. Salah satunya dengan merubah gaya rambut dan gaya berpakaian. Baju sekolah saya keluarkan dan rambut saya buat menjadi jingkrak atau bisa dibilang rambut KIPLI (biar bisa di bilang anak metal) padahal semua itu adalah hal yang tidak berguna bagi saya dan kehidupan saya. Tetapi menunggu kesadaran dari diri sendiri itu tidak mudah, kesadaran ternyata harus kita temukan sendiri dalam lingkungan pergaulan kita sehari - hari.  Tapi saya nakal seperti itu hanya diluar rumah saja, saya ini anak orang batak, orangtua saya mengajari saya sangat keras, dan mungkin itu juga yang membuat saya seperti itu. Tetapi teman-teman harus tetap sayang kepada kedua orang tuamu ya, karena bagaimana pun meraka adalah orang yang sangat mulia di dunia ini.

Kesederhanaan itu tidak mudah untuk dilakukan, karena semua orang tahu, tidak ada yang mau ketinggalan zaman. Tetapi kesederhanaan didapatkan dari kesadaran. Perubahan menjadi sederhana saya dapatkan dari banyak orang, mulai dari teman dan guru sekolah saya. Dari teman, saya juga mendapatkan pelajaran untuk menghargai dan menyayangi sesama, apa lagi kedua orang tua. Saya  dapat merasakan sedihnya kehilangan salah satu orang tua dari teman saya, yang membuat saya untuk lebih menghargai kerja keras orang tua saya yang sudah membesarkan dan mendidik sampai kini menjadi anak remaja dan mengajari saya untuk semakin menyayanginya.

Kata-kata motivasi juga saya dapatkan dari guru saya. Hal yang paling saya ingat adalah “Jangan jual hakmu. Ambil amanat yang diberikan kepadamu karena kamu harus tahu suatu hal yang diberikan kepadamu itu menjadi hakmu. Jika kamu diberikan suatu tugas jadilah yang dibanggakan, apabila kamu menolaknya maka kamu sudah menjual yang seharusnya menjadi hakmu untuk kehidupanmu.

Kalau cerita soal percintaan, aku sarankan kepada teman-teman agar untuk tidak pacaran dimasa remaja ini. Karena itu hanya akan membuatmu gelisah nggak karuan. Saya bisa bilang begitu karena saya sebagai seorang laki-laki sudah pernah dibuat sakit hati karena masalah cinta masa remaja ini. Tapi yang membuat sakit hati bukanlah orang yang saya suka, tetapi orang lain lah yg membuat jarak diantara kami. Sedih sih, tetapi saya tidak sesalkan itu, karena menurut saya, mungkin ini yang terbaik untuk masa depanku dan masa depan dia. Tapi yang harus teman-teman tahu, apabila teman - teman suka kepada seseorang, ungkapkan lah semua yg ada di dalam hati kepada seseorang tersebut, karena apabila tidak diungkapkan itu hanya akan membuatmu sakit. Jadi seperti curhat ya ? Sorry :)

Karena semua hal itu lah saya akhirnya sadar bahwa kehidupan jangan dipermainkan. Semua pengalaman saya, saya jadikan modal, bahwa hidup bukanlah menjadi seorang pecundang tetapi hidup harus menjadi seorang pejuang. Teman-teman juga tahu, usaha yang kamu lakukan sekarang merupakan buah untuk masa depanmu, karena apa yang kamu tabur itulah yang akan kamu tuai. Kesederhanaan bukanlah hanya sebatas penampilan yang dilihat dari luar melainkan melambangkan sesuatu yg istimewa yang muncul dari hatimu. Dan kesederhanaan juga didapatkan melalui kasih sayang seseorang. Dan dalam hidup kesederhanaan bukan hanya menunujukkan penampilan saja, tetapi melambangkan orang yang mempunyai jiwa yang membanggakan, mengasihi, dan rendah hati sesama manusia.

Oke, teman –teman semua, mungkin itu sih yang bisa saya sampaikan semoga bisa jadi pelajaran untuk kita semua bagaimana cara untuk memaknai kehidupan ini, dan intinya menjadi sederhana bukanlah pilihan tetapi sederhana merupakan kewajiban bagi kita semua.

Saya akhiri, Wassalamu `Alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, shalom, Om Swastyastu, salam sejahtera bagi kita semua. Bye-bye!!!!

1 comments:

Lori W said...

Hi nice readinng your blog

Post a Comment

Footer

Lorem Ipsum

Welcome

Ketika tak bisa lagi bersuara, tak sanggup berperang mulut, lewat tulisan ku sampaikan semuanya.
Powered by Blogger.